"""..:3 Te-Ka-Jhe 1:.."""

Blog Alumni

14 May 2007

Perbandingan Jaringan P2P dan Client-Server

Perbandingan Jaringan P2P dan Client-Server

adalah satu kunci dalam memahami perbandingan antara jaringan komputer Peer to Peer dan Client-Server adalah pemusatan (sentralisasi) proses transaksi bagi-pakai sumber daya komputer. Apa beda antara keduanya? Mari belajar tentangnya!

P2P: Lebih dari Sekadar Hubungan Mekanis

Jaringan komputer peer to peer merupakan suatu bentuk jaringan yang menghubungkan secara langsung antarkomputer. Tidak ada komputer yang menjadi perantara dan pengatur koneksi atau komunikasi. Setiap komputer di dalam jaringan peer to peer dapat berfungsi sebagai client maupun sebagai server. Saat hendak membagi-pakai sumber daya komputer, maka ia berfungsi sebagai server, sedangkan saat akan mengakses sumber daya dari komputer lain, ia berfungsi sebagai client.

Jadi, setiap komputer di dalam jaringan peer to peer menentukan “siapa dapat mengakses apa” terhadap sumber daya yang dimiliki (terpasang padanya), misalnya data, printer, dan lainnya. Setiap titik sambungan koneksi dalam jaringan peer to peer disebut node.

Lalu, bagaimana dengan pengaturan keamanan datanya? Nah itu dia! Setiap komputer mengatur sendiri-sendiri bagaimana keamanan koneksi tersebut. Tidak ada satu standar keamanan baku yang ditetapkan dan diterapkan ke seluruh komputer anggota jaringan.

Walaupun tidak ada komputer pengelola koneksi, tetap saja harus ada satu alat yang berfungsi mengatur pengalamatan paket data dan urutan pengirimannya. Di pusat koneksi peer to peer kita gunakan hub atau switch

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home